Selasa, 31 Agustus 2010

Mainan Edukatif Liliput comes to the Town :)

PAUD adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan guna membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan ruhani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

PAUD merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakkan dasar ke beberapa arah berikut :
1. pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar)
2. kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual)
3. sosioemosional (sikap perilaku, serta agama)

Ruang lingkup PAUD :
1. infant (0-1 thn)
2. toddler ( 2-3 thn )
3. pre school, kindergarten school ( 3-6 thn)
4. Early primary school ( SD kelas awal 6-9 thn)

sumber : hasan, 2009

oleh sebab itu bunda, ayah, sejak awal liliput berdiri, kami telah mendedikasikan produk permainan ini dengan pengertian PAUD di atas. berbeda dengan permainan serupa, setiap mainan di liliput ditujukan untuk beragam kegiatan dan (diaharapkan) meliputi ke tiga peletakkan dasar di atas.
Produk liliput dikerjakan dengan tangan, rapi dan teliti karena kami berharap mainan yang sejak awal dibuatnya dengan penuh kasih dan ketekunan akan memberi kelanjutan yang baik kepada yang memainkan.
contoh permainan :
1. infant : baby book (melatih sensor motorik, mempertajam kepekaan pendengaran, mengenal huruf, dan bahkan kata per suku katanya dalam bahasa inggris--hi.1, i'm.2, the.3, big.4, calf.5--mengajarkan perbedaan besar dan kecil. dengan cara bermain yang benar bersama bunda, ditambah kedekatan emosional antara bunda dan bayi, akan menciptakan suasana sosioemosional yang baik di antara keduanya. )
2. toddler : geoset (melatih sensor motorik, memasukkan gelang yang tepat ke wadah, mengasah daya tangkap dan kecerdasan, mengajarkan kepada anak pengenalan warna, bahkan menjadi media bagi orang tua untuk menjelaskan perbedaan ekspresi serta baik buruknya bagi orang lain, melalui jahitan ekspresi pada mainan--adek senang tidak lihat bunda merengut seperti mr. triangle?)
3. preschool/kindergarten : puppet series (melatih sensor motorik dengan meletakkan sesuatu pada tempatnya, melatih kecerdasan verbal dengan bercerita, dan sosioemosional dengan berlatih menjadi pencerita yang baik)
4. Early primary : ular tangga 2in1 (melatih sensor motorik dengan cekatan menggerakkan dadu dan pion, kecerdasan berstrategi dan sosioemosional dengan belajar menghargai kemenangan dan menerima kekalahan)

ini hanya beberapa contoh, masih banyak permainan lain di liliput yang akan diupload secara kontinue, bunda ayah oom dan tante bisa bertanya kepada liliput dan bertukar informasi kepada sesama sahabat liliput.

karena dibuat secara manual dengan tangan, dan ditujukan kepada anak2, liliput tidak menggunakan bahan lem yang beracun dan jahitan pada kain felt digunakan untuk mereduksi efek tidak menyenangkan pada kain felt yang bisa timbul pada beberapa anak. bila anak tidak bisa bertahan dengan situasi ini, kami sarankan untuk bertemu dengan pakar kesehatan terlebih dahulu.

Bimbingan orang tua pada saat anak memainkan permainan apa pun, dan berbahan apapun memegang peranan sangat penting disini. jangan biarkan anak anda mengulum atau mengunyah, memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya, terlebih bila anak tidak sedang dalam pengawasan anda)


terimakasih...^^
happy parenting !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bila suka dengan apa yang moms lihat, share/save !

Share/Bookmark

kasih makan ikan-ikan liliput ya..