Selasa, 31 Agustus 2010

Buku berlatih : APPIE SI POHON APEL

Appie si pohon apel

buku berlatih
seri : appie si pohon apel
isi : 8 halaman. (10 dengan sampul depan belakang)
6 cerita, 6 keahlian motorik.


buku berlatih merupakan media interaktif bagi anak melalui metode belajar dengan melatih sensor motorik seperti : mengancingkan baju, menarik zipper, puzzle gambar sederhana, membuat pita...dsb. Juga digunakan untuk melatih kemampuan verbal melalui membaca dan penceritaan dan pencitraan kembali. Isi buku dibuat dalam bentuk cerita, mulai dari kisah berbagi sampai fase sains dari gejala alam.

untuk seri 'appie si pohon apel'
cerita tentang :
1. perkenalan/pendahuluan cerita dimulai dengan perkenalan appie si biji apel dan lahan kosong langit serta tanah. anda bisa mulai menerangkan asal muasal pohon apel, pengertian langit dan tanah.
2. ajak ia menanam appie di tempat yang telah anda jelaskan (tanah) dengan belajar membuka zippernya. sementara appie di dalam tanah, ajak anak untuk memahami bahwa tumbuhan akan tumbuh dan berkembang bila diberi sinar matahari dan air (hujan).
3. pada masanya, pemberian sinar matahari dan air yang cukup akan menjadikan appie sebagai tunas muda yang cantik.
4. appie dewasa akan berbunga, ajak anak berhitung jumlah bunga, mengenal warna, membaca dan mengancing.
5. setelah berbunga, appie akan berbuah, namun masih muda dan masam. penerangan ini akan lebih baik jika dilengkapi dengan apel sungguhan yang masih muda dan yang telah ranum, karena anak juga akan belajar merasa.
pada halaman ini, anak akan belajar mengancingkan kancing tempel dengan tepat.
6. horeee, appie dewasa menghasilkan buah yang ranum karena kesabaran ketika kita merawatnya. ajarkan anak untuk merekatkan buah ke pohonnya. selingi juga dengan pelajaran menghitung dan mengenal warna. jangan lupa membaca.

bila anak telah cukup mengerti, anda bisa memintanya untuk bercerita kembali mengenai siklus tumbuh kembang si appie. tanamkan pula nilai-nilai luhur di dalamnya mengenai ciptaan Tuhan, kesabaran menunggu dan merawat dan buah dari kerja keras.

buku ini juga memberi kosakata baru bagi anak dengan bahasa yang santun.


buku lebih tahan lama, tidak mudah robek.
liliput edu toys tidak menggunakan lem dari bahan yang beracun (85% jahitan), jahitan rapi dan detail.

happy sightseeing mom! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bila suka dengan apa yang moms lihat, share/save !

Share/Bookmark

kasih makan ikan-ikan liliput ya..